Rabu, 13 Oktober 2010

pengaruh pembelajaran e-Learning terhadap mahasiswa dari sisi psikologi


Upaya-upaya peningkatan prestasi belajar mahasiswa senantiasa terus dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi, pada setiap faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Terlebih-lebih dengan adanya pemanfaatan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas belajar dan mengajar lebih efektif.
Pengembangan pendidikan menuju e-learning merupakan suatu keharusan agar standar mutu pendidikan dapat ditingkatkan, karena e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria yaitu: (1) e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, (2) pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar, (3) memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional (Rosenberg 2001; 28), dengan demikian urgensi teknologi informasi dapat dioptimalkan untuk pendidikan.
FakultasPsikologi gunadarma, adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang sedang berupaya menfaatkan tekonologi informasi ini dalam kegiatan belajar mengajarnya. Model pembelajaran e-learing mulai diaplikasikan sejak awal perkuliahan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar serta dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, sehingga dilakukan penelitian pengembangan model pembelajaran e-learning dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Psikologi
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah:
  1. Untuk mengetahui model pengembangan pembelajaran e-learing yang dapat dikembangkan pada Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma
  2. Untuk mengetahui potensi pendukung yang dapat diupayakan untuk mengembangkan model pembelajaran e-learning di fakultas Psikologi Gunadarma.
  3. Diperoleh model pembelajaran e-learning yang efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Fakultas Psikologi Gunadarma .
Tinjauan Pustaka
1. Pengertian e-Learning
Dalam Ensiklopedia Wikipedia dijelaskan bahwa e-Learning adalah pembelajaran yang memerlukan alat bantu elektronika. Bisa berupa technology base learning seperti audio dan video atau web-base learning (dengan bantuan perangkat computer dan internet).
Dalam berbagai literatur, e-learning didefinisikan sebagai berikut:
e-Learning is a generic term for all technologically supported learning using an array of teaching and learning tools as phone bridging, audio and videotapes, teleconferencing, satellite transmissions, and the more recognized web-based training or computer aided instruction also commonly referred to as online courses (Soekartawi, Haryono dan Librero, 2002).
Dengan demikian maka e-learning adalah pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh jasa teknologi seperti telepon, audio, vidiotape, transmisi satellite atau komputer.
2. Teknologi Pendukung e-Learning
Dalam prakteknya e-learning memerlukan bantuan teknologi. Dalam perkembangannya, komputer yang paling populer dipakai sebagai alat bantu pembelajaran secara electronic, karena itu dikenal dengan istilah:
1.      computer based learning (CBL) yaitu pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer; dan
2.      computer assisted learning (CAL) yaitu pembelajaran yang menggunakan alat bantu utama komputer.
Technology based learning ini pada prinsipnya terdiri dari Audio Information Technologies (radio, audio tape, voice mail telephone) dan Video Information Technologies (misalnya: video tape, video text, video messaging). Sedangkan technology based web-learning pada dasarnya adalah Data Information Technologies (misalnya: bulletin board, Internet, e-mail, tele-collaboration).
3. Cara Penyampaian/Pemberian Pembelajaran
Pada dasarnya cara penyampaian atau cara pemberian (delivery system) dari e-learning, dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
1.      One way communication (komunikasi satu arah); dan
2.      Two way communication (komunikasi dua arah).
Komunikasi atau interaksi antara guru dan murid memang sebaiknya melalui sistem dua arah. Dalam e-learning, sistem dua arah ini juga bisa diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:
1.      Dilaksanakan melalui cara langsung (synchronous). Artinya pada saat instruktur memberikan pelajaran, murid dapat langsung mendengarkan; dan
2.      Dilaksanakan melalaui cara tidak langsung (a-synchronous). Misalnya pesan dari instruktur direkam dahulu sebelum digunakan.
Karakteristik e-learning ini antara lain adalah:  (a) Memanfaatkan jasa teknologi elektronik; di mana guru dan siswa, siswa dan sesama siswa atau guru dan sesama guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler; (b) Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan computer networks); (c) menggunakan bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials) disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh guru dan siswa kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya; dan (d) memanfaatkan jadual pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer;
Pemanfaatan e-learning tidak terlepas dari jasa internet. Karena teknik pembelajaran yang tersedia di internet begitu lengkap, maka hal ini akan mempengaruhi terhadap tugas guru dalam proses pembelajaran. Dahulu, proses belajar mengajar didominasi oleh peran guru, karena itu disebut the era of teacher. Kini, proses belajar dan mengajar, banyak didominasi oleh peran guru dan buku (the era of teacher and book) dan pada masa mendatang proses belajar dan mengajar akan didominasi oleh peran guru, buku dan teknologi (the era of teacher, book and technology).
4. Rancangan Instruksional dalam Model Pembelajaran e-learing
Dalam menentukan rancangan instruksional model pembelajaran e-learning perlu dipertimbangkan aspek-aspek (Soekartawi, et al, 1999; Yusup Hashim and Razmah, 2001):
1.      Course content and learning unit analysis, seperti isi pelajaran, cakupan, topik yang relevan dan satuan kredit semester.
2.      Learner analysis, seperti latar belakang pendidikan siswa, usia, seks, status pekerjaan, dsb-nya.
3.      Learning context analysis, seperti kompetisi pembelajaran apa yang diinginkan hendaknya dibahas secara mendalam di bagian ini.
4.      Instructional analysis, seperti bahan ajar apa yang dikelompokan menurut kepentingannya, menyusun tugas-tugas dari yang mudah hingga yang sulit, dsb-nya.
5.      State instructional objectives. Tujuan instruksional ini dapat disusun berdasarkan hasil dari analisis instruksional.
6.      Construct criterion test items. Penyusunan test ini dapat didasarkan dari tujuan instruksional yang telah ditetapkan.
7.      Select instructional strategy. Strategi instruksional dapat ditetapkan berdasarkan fasilitas yang ada.

Sumber Materi


Achmad Hartoyo. 2008. Rancang Bangun Aplikasi Learning Content Management System Yang Mendukung Peningkatan Efektifitas Proses Belajar Jarak Jauh Design And Implementation Of Learning Content Management System Application To Increase The Effectivity Of Long Distance Learning. Surabaya: STIKOM.

Ana Hadiana dan Elan Djaelani, 2008. Sistem Pendukung e-Learning di Web. Jakarta: Peneliti Puslit Informatika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Bambang Riyanto. 2006. Perancangan Aplikasi M-Learning Berbasis Java. Bandung: STEI-ITB

Barba, B E,  McNeill, C. 2008. Creating Elearning Assignments That “Ignite The Fire” For Geriatric Education. The Gerontologist.:  61st Annual Scientific Meeting “Resilience in an Aging… SPECIAL ISSUE III Washington:Oct 2008.  Vol. 48,  p. 284 (1 pp.)

David A Cook,  Furman S McDonald. 2008. E-LEARNING: is there anything special about the “e”? Perspectives in Biology and Medicine. Chicago:Winter 2008.  Vol. 51,  Iss. 1,  p. 5-21 (17 pp.)

Fayiz Aldhafeeri,  Mohammed Almulla 2006. Teachers’ Expectations Of The Impact Of E-Learning On Kuwait’s Public Education System,  Bandar Alraqas.  Social Behavior and Personality.  Palmerston North:2006.  Vol. 34,  Iss. 6,  p. 711-728 (18 pp.)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar